Pulangan Lumayan menanti Anda Hanya Klik di sini

Saturday 23 March 2013

Perbezaan Regedit dan Gpedit




Untuk mengoptimalkan kinerja dari Win XP dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan menggunakan program pihak ketiga yang tersedia banyak sekali mulai dari yang gratisan hingga komersil. Namun sebenarnya Windows sendiri telah menyediakan fasilitas untuk mengakomodasi pengaturan system agar menjadi lebih optimal. Disini saya hanya akan membahasnya secara garis besar nya saja sesuai dengan pemahaman saya sendiri yang masih terhitung pemula. Jadi mohon maklum.
Salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas GPEDIT.MSC (Group Policy). Dimana pengguna dapat merubah berbagai macam setting-an yang di kehendaki untuk tujuan tertentu.
gpedit

Misalnya untuk menghentikan proses Autoplay yang muncul setiap kali user memasukkan media penyimpanan semisal CD/DVD disk, memory card dsb. Dan tidak menutup kemungkinan ikut ter-loading-nya virus tertentu ke dalam system yang berasal dari media penyimpanan tersebut.
autoplay

Untuk mematikan fungsi Autoplay tersebut, maka user cukup mengetikkan GPEDIT.MSC pada menu Run. Setelah terbuka maka masuk ke menu User Configuration > Administrative Templates > System lalu cari Setting Turn off Autoplay kemudian ubah State menjadi Enable. Maka selanjutnya setaip kali user meng-insert media penyimpanan apa saja, Windows tidak akan menampilkan dialog Autoplay. Dan masih banyak lagi settingan lainya yang dapat dirubah sesuai kebutuhan.
gpedit autoplay
Lalu fasilitas lainnya adalah dengan menggunakan utility yang bernama RegEdit (Registry Editor).

FUNGSI GPEDIT DAN REGEDIT
Fungsi regedit adalah untuk melihat, membuat atau memodifikasi registry di dalam Windows. Sedangkan Gpedit.msc digunakan untuk melihat, membuat, dan memodifikasi Group Policy, yang digunakan untuk mengelola beberapa pengaturan di dalam setiap pengguna dan lingkungan Windows serta menyimpannya di dalam registry.

PERBEDAANNYA GPEDIT DAN REGEDIT
Perbedaan mendasar antara GPEDIT dengan RegEdit adalah GPEDIT jauh lebih mudah dimengerti dikarenakan interfacenya lebih “user friendly” dimana semua setting yang kita kehendaki sudah tersedia. Yang kita lakukan hanyalah memilih option Not Configured, Enabled atau Disabled. Jadi user awam sekalipun dapat menggunakannya selama memahami apa yang akan dilakukannya. Sedangkan pada regedit semua setting windows di munculkan dalam bentuk key dan subkey dan nilai yang harus diisi adalah berbentuk String Value, Binary Value, DWORD Value, Multi-String Value, atau Expandable String Value. Jadi untuk pemula sangat tidak disarankan merubah nilai setting registry tanpa pengetahuan yang memadai. Karena salah-salah akan membuat Windows menjadi anda crashed!! gunakan RegEdit hanya jika kita telah mendapatkan key beserta value yang tepat dari sumber yang terpercaya.

CONTOH GPEDIT
1. Mengunci Wallpaper
User Configuration -> Administrative Templates -> Control Panel -> Display -> Prevent Changing Wallpaper (pilih enabled)
Wallpaper masih bisa diganti lewat software ACDSee, untuk mencegahnya
masuk ke Registry Editor (ketik REGEDIT di RUN)
HKEY_CURRENT_USER -> Software -> ACD System -> ACDSee -> DisableWallpaper (Ubah value data jadi 01)
2. Menyembunyikan Folder Options
User Configuration -> Administrative Templates -> Windows Component -> WIndows Explorer -> Removes the Folder Options menu item from the tools menu ( pilih enabled)
3. Limit Reservable Bandwidth (Untuk koneksi internet)
Computer Configuration -> Administrative Templates -> Network -> QoS Packet Scheduler -> Limit Reservable Bandwidth (Pilih Enabled, lalu ubah bandwidth limit dari 20 ke 0)
4. Memblokir Program (untuk contohnya program Winamp.exe)
User Configuration -> Administrative Templates -> System -> Don’t run specified windows applications (Pilih enabled, lalu klik tombol SHOW.. -> klik ADD..ketikkan Winamp.exe -> klik OK)

CONTOH REGEDIT
1.Meremove Properties pada MYDOCUMENTS
* Klik Start - Run – ketik gpedit.msc – Enter
* Remove Properties from My Documents
2.Meremove Properties pada RECYCLE BIN
* Klik Start - Run – ketik gpedit.msc – Enter
* Remove Properties from Recycle Bin
3.Mengatur Display Pada Control Panel
* Klik Start - Run – ketik gpedit.msc – Enter
* klik Admininstrtif Templates – Control Panel - Displays
* Remove Displays in Control Panel

0 comments :

Post a Comment